Cari Blog Ini

PELATIHAN KADER TEKNIK


Spirit Si Kompak
INFORMASI PNPM KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA – PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

==========================================
Daftar Posting




Untuk menunjang kemampuan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur perdesaan di kecamatan Tamban perlu diperkuat dengan adanya Kader Teknik di setiap desa. Langkah yang dilakukan PNPM Mandiri perdesaan merupakan upaya untuk mewujudkan desa yang memiliki kemampuan sendiri dalam mengelola kegiatan pembangunan terutama kegiatan infrastruktur dasar yang ada di desa. Dengan adanya Kader Teknik, masyarakat desa mampu menemukan strategi pembangunannya sendiri, dengan pola pembangunan desa yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat desa.

     Dengan penguatan kemampuan masyarakat desa melalui pelatihan Kader Teknik, maka kemandirian desa dapat diwujudkan mulai dari pemantauan kapasitas dan kelembagaan masyarakat. Untuk mendukung kemandirian dan otonomi desa, desa juga harus mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang teknik, artinya dalam bidang teknik desa harus dapat mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan serta melestarikan sarana prasarana desa secara mandiri dan berkualitas. 

    Berdasarkan pengalaman di PNPM Mandiri Perdesaan, penyiapan Kader Teknik  (KT) atau Kader Pemberdayaan Desa Teknik (KPMDT) belum berjalan dengan optimal. Hal ini berdampak pada pengadaan  infrastruktur lebih banyak hanya dilakukan oleh Tim Pelaksanan Kegiatan (TPK). Untuk itu peran keteknikan yang banyak diemban oleh Fasilitator Teknik (FT) pengetahuan ketrampilan dan hal-hal teknik prasarana lainya perlu dialihkan atau ditransformasikan kepada Kader Teknik Desa.
      Pelatihan Kader Teknik dilaksanakan selama 12 (dua belas) hari efektif, dengan tahapan – tahapan pelatihan yaitu pada tanggal : 13, 14, 17, 19, 20, 21 Desember 2011 dan tanggal : 09, 10, 12, 18, 19, 21 Januari 2012
REALISASI PELATIHAN

  1. Pelatihan dilaksanakan di dalam kelas  kurang lebih 10 hari untuk penjelasan materi, praktek mengisi form2, praktek langsung mengerjakan soal soal, dan praktek langsung mendesign dan menghitung RAB serta materi muatan tambahan.                                          
  2. Pelatihan Praktek di lapangan atau di luar kelas selama kurang lebih 2 hari untuk praktek langsung mengukur jalan dengan alat bantu meteran, kompas (SAP-VAP-MAP), praktek langsung pemeriksaan kegiatan infrastruktur dan praktek langsung rabat beton serta penyusunan tembok penahan tanah (siring batu gunung).            
  3. Praktek di lapangan / di luar kelas dilaksanakan pada session 1 dan session 2, disesuaikan dengan pokok bahasan yang sedang di bahas,                  
  4. Total waktu pelatihan Kader Teknik Desa Kecamatan Tamban  selama 12 (dua belas) hari efektif.

  HOME
►  RBM


Link
►  GALERI FOTO

Download


Mengenai Saya


Blog Teman
►  ANNE AHIRA